Jumat, 18 Maret 2016

Manfaat akar pohon kelapa


A. Akar

Manfaat pohon kelapa dari akar sampai pucuk sudah tidak terelakkan lagi, akar kelapa sangat bermanfaat bagi lingkungan hidup. Kelapa memiliki akar yang menyerupai rambut,  dan memiliki sistem akar berserat. Akar kelapa terdiri dari ribuan akar tipis yang tumbuh keluar permukaan tanah dan hanya beberapa dari akar tersebut yang menembus jauh ke dalam tanah. Pohon kelapa menghasilkan akar dari pangkal batang sepanjang hidupnya secara terus menerus dan jumlah akar yang dihasilkan tergantung pada usia pohon dan lingkungan. Ukuran diameter akar kelapa biasanya memiliki kurang dari 3 inci.
Akar kelapa umumnya digunakan dalam berbagai bidang, diantaranya :
  1. Minuman dan obat-obatan herbal. Akar pohon kelapa dapat dimanfaatkan sebagai pewarna, bahan dasar pembuatan sikat gigi, dan bahan dasar untuk alat pencuci mulut. Selain itu, dengan mengkonsumsi air rebusan akar kelapa yang telah disaring, dapat membantu mengobati berbagai macam gangguan pencernaan seperti diare, disentri, dan masalah pencernaan lainnya. Hal ini juga dapat mengobati gatal-gatal.
  2. Konstruksi bangunan. Karena memiliki struktur yang cukup kuat, akar pohon kelapa juga dapat dimanfaatkan sebagai penyangga bangunan (cakar ayam).
  3. Penangkal banjir. Karena mampu menyerap air dalam jumlah yang sangat banyak, akar kelapa juga dipercaya mampu mencegah terjadinya banjir. Hal inilah yang mungkin dijadikan sebagai alasan mengapa pohon kelapa banyak ditanam di pemukiman warga.
  4. Bahan aneka kerajinan tangan. Sejak zaman dahulu, akar tumbuhan kelapa juga kerap dimanfaatkan sebagai salah satu bahan kerajinan tangan yang bernilai ekonomis, misalnya seperti pembuatan gelang, kalung dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar